Mengambil hikmah dari wabah Covid-19

Mengambil hikmah dari wabah Covid-19

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil dan Surat Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 646 Tahun 2019 Tentang Penetapan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil Di Lingkungan Kabupaten Karimun Tahun Anggaran 2019, Pemerintah Kabupaten Karimun membuka kesempatan bagi Warga Negara Republik Indonesia yang berminat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karimun. Selengkapnya Klik Disini

Tepatnya pada bulan November 2019 Pemerintah Kabupaten Karimun kembali membuka penerimaan CPNS melalui portal http://sscasn.bkn.go.id. klik Disini. Sebanyak 122 formasi di butuhkan termasuk 9 formasi untuk jurusan S-1 Olahraga. Tentunya ini menjadi kabar gembira sekaligus kesempatan yang harus dimaksimalkan dengan sebaik mungkin. Persiapan pemberkasan dilaksanakan sesuai jadwal yang telah direncanakan dan di lanjutkan ke tahapan verifikasi dokumen. Januari 2020 pengumuman hasil seleksi administrasi CPNS Kabupaten Karimun Tahun 2019 telah di umumkan. Selengkapnya Klik Disini. Dengan demikian nama-nama yang di nyatakan lulus seleksi administrasi berhak mengikuti tahapan selanjutnya Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang akan dilaksanakan 25 s/d 28 februari 2020. 

Peserta yang dinyatakan LULUS Seleksi Kompetensi Dasar adalah peserta yang memenuhi nilai ambang batas dan peringkat terbaik berdasarkan PERMENPANRB No. 24 Tahun 2019 (kode P/L) berhak mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) pada Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Formasi Tahun 2019 Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Karimun Tahun Anggaran 2020. Hasil SKD Kabupaten Karimun Formasi tahun 2019 Klik disini.

Pengumuman resmi dari pemerintah terkait penundaan pelaksanaan SKB menyusul sehari setelah pengumuman Hasil SKD.Klik Disini berkaitan dengan status tanggap darurat Covid-19 yang telah di tetapkan pemerintah untuk mencegah serta memutus rantai penularan.

Pasti ada rencana Allah dibalik setiap peristiwa, banyak hikmah yang bisa kita ambil dari pandemi ini. Salah satunya kesadaran untuk menjaga kebersihan diri dengan cuci tangan. Tiga bulan sudah berlalu, semoga saja pandemi ini tidak betah singgah di indonesia dan menghilang untuk selamanya. BKN memperkirakan SKB CPNS Formasi 2019 dilaksanakan setelah SKD Sekolah Kedinasan (Dikdin) di gelar. Kemungkinan Agustus - September 2020 dengan memperhatikan update status COVID-19 dan persetujuan Presiden. 

Untuk sampai ke tahap ini perlu persiapan yang sangat serius, ada tiga jenis kategori yang harus kita kuasai, yaitu TWK, TIU dan TKP. Setiap kategori memiliki nilai ambang batas yang harus dilewati. Saya pribadi memulai bedah kisi-kisi SKD sejak November di sela kesibukan mengajar. Saya menggunakan metode mencatat kembali materi yang telah dibaca dan menguasai materi hitungan cepat. Karna lawan yang kita hadapi salah satunya adalah waktu pada saat Tes CAT.

CPNS 2019 ini bukan tes perdana bagi saya, sebelumnya pada tahun 2017 saya pernah mencoba mengikuti Tes CPNS Kemenkumham sebagai penjaga tahanan. Namun saat itu masih belum rezeki, datang tanpa persiapan ya harus menerima resiko pulang dengan hasil yang tidak memuaskan. Perdana mengikuti tes CAT belum memiliki pengalaman, alhasil dipetengahan waktu saya ketiduran. Soal-soalnya seperti menghipnotis otak untuk berhenti berpikir. 2017 Gagal total


CPNS 2018
2018 kembali mengikuti CPNS Kab. Karimun, kali ini saya mengambil lokasi di SDN 013 Kundur Barat Kab. Karimun dengan ijazah S-1 Olahraga. Berhasil lolos ke tahap SKB dan harus gugur karna finish di urutan kedua. Belum rezeki

2019 Kembali mencoba, ada tantangan yang semakin besar untuk di menangkan dan tahun ini saya berhasil melewati SKD. Masih menunggu pelaksaan SKB Agustus nanti. CPNS Tahun 2019 ini ada cerita menarik. Saya diberikan pilihan untuk bertahan dan melupakan ASN atau memilih melanjutkan niat menjadi ASN dengan resiko resign dari pekerjaan. Sekolah tidak membenarkan guru-guru kontrak untuk mengikuti CPNS. Bismillah.. Disaat itu juga saya memilih resign dan mantap memilih CPNS. Hanya ada satu pilihan saat itu ialah rasa optimis untuk memenangkan tantangan ini. Faktor lain yang menyebabkan saya mantap resign adalah rencana untuk melanjutkan studi S2 jika CPNS tahun ini belum rezeki. 

Allah memberikan kesempatan kepada peserta yang lolos ketahap SKB untuk belajar lebih maksimal dengan rentang waktu yang lumayan lama dan bisa mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk masa depan. Hikmah dari pandemi yang bisa kita ambil bersama.

Tetap semangat, berpikir positif, terus berkarya anak muda..
#2020ANS 




Prayun, 27 Juni 2020

Erga Kurniawan S, S.Pd. 









Komentar

Postingan Populer