Prayun Kundur

Desa kecil yang terletak di Provinsi Kepulauan Riau , Kab. Karimun tepat nya di Pulau Kundur ini merupakan daerah Industri yang bergerak di bidang Tambang Timah. Masyarakat Prayun Kundur sendiri banyak yang berasal dari Dabo singkep , Bangka Belitung dan daerah lainnya sehingga menjadi suatu daerah berkultur masyarakat Madani yang memiliki Toleransi tinggi. Mayoritas penduduk bekerja sebagai Karyawan di PT.TIMAH yang terletak di Prayun Kundur itu sendiri. Prayun terdiri dari beberapa daerah kecil , diantaranya :
  1. Komplek Prayun 
  2. komplek Dendang
  3. Komplek Tiang sabang 
  4. Komplek Rumah Sakit
  5. Komplek Singkep
  6. Komplek Bangka 1
  7. Komplek Bangka 2
Masyarakat Prayun sendiri terdiri dari berbagai macam suku dan budaya , namun bahasa yang di gunakan sehari-hari ialah bahasa melayu. Untuk mengunjungi Prayun Kundur ( Pulau Kundur ) sangat mudah, bisa ditempuh malalui Tanjung Batu dan Pelabuhan Selat Belia. Prayun Kundur sendiri merupakan daerah industri penghasil timah. Selain itu sektor perkebunan juga menjadi andalan masyarakat setempat seperti karet dan sayuran. 



Ini merupakan salah satu kapal Tambang Timah yang beroprasi di wilayah perairan Kundur dan biasa disebut kapal keruk. Kapal keruk ini mengambil Timah dari dasar laut untuk kemudian di olah sehingga menjadi Timah batangan. Proses pengolahan Timah sendiri dilakukan di Prayun Kundur. Beberapa fasilitas publik yang dapat digunakan oleh masyarakat sekitar dan karyawan untuk bersantai dan berolahraga seperti taman bermain anak dan bacaan serta lapangan olahraga. Diantaranya lapangan Basket, Voli, Sepak Takraw, Sepak Bola, Futsal,  Panahan, Badminton hingga kebun binatang. 


Apa saja yang ada di Prayun Kundur ? akan saya muat ditulisan berikutnya. 









Komentar